Tips Mencari Jodoh Berdasarkan Islam



carasunda.com-Tips Mencari Jodoh Menurut Islam
Tips mencari jodoh berdasarkan Islam merupakan topik yang menarik untuk kita bahas dan kita diskusikan bersama. Jodoh merupakan kehendak dan ketentuan Allah Subhanahu Wata’ala yang sudah ditetapkan, akan tetapi berusaha dalam mencari dan menjemput jodoh yang akan menjadi pasangan hidup yakni wajib hukumnya. Setiap perjaka atau pemudi yang sudah siap untuk menikah diharuskan berikhtiyar untuk mendapatkan pasangan hidup yang terbaik. 
Lalu apa yang perlu dilakukan biar segera mendapatkan jodoh? Berikut ini beberapa Tips mencari jodoh berdasarkan Islam.
Pertama, Perbaiki diri kita
Allah Subhanahu Wata’ala berfirman yang Artinya “Perempuan-perempuan yang keji untuk pria yang keji, dan pria yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk pria yang baik, dan pria yang baik untuk perempuan-perempuan ang baik (pula). Mereka itu higienis dari apa yang dutuduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga)” (Qs. An-Nur; 24: 26)
Ayat ini mengambarkan kesucian ‘Aisyah r.a. dan Safwan dari segala tuduhan yang ditujukan kepada mereka. Rasulullah yakni orang yang paling baik, maka perempuan yang baik pula yang menjadi istri beliau. 
Jadi, saat kita mengharapkan jodoh yang shaleh/shalehah maka kita mesti menjadi orang yang shaleh/shalehah juga. Demikianlah maksud ayat tersebut di atas. Wallahu'alam bimurodih
Kedua, Berdoa
Setelah kita memperbaiki diri maka berdoalah kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Jangan sekali-kali kita berputus asa dalam berdoa kepada Allah, yakinlah bahwa sebaik-baik pengabul doa yakni Allah Subahanahu Wata’ala.
Sebagai mana dijelaskan dalam sebuah hadist Qudsi:  
"Aku selalu sesuai dengan persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya saat ia berdzikir kepada-Ku. Dan kalau ia ingat pada-Ku dalam jiwanya, maka Aku pun mengingatnya dalam zat-Ku. Dan kalau ia ingat pada-Ku ditempat ramai, Aku pun mengingatnya ditempat ramai yang lebih baik daripadanya. Jika ia mendekat pada-Ku sejengkal, Aku pun mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat sehasta, Aku pun mendekat kepadanya satu depa. Dan kalau ia tiba kepada-Ku dengan berjalan, Aku pun akan tiba kepadanya dengan berlari cepat" 
Adapun salah satu doa biar mendapat jodoh yang baik terdapat dalam surah Al-Furqan ayat 74 yang artinya “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa”
Ketiga, Menentukan kriteria
Adakah yang bertanya perihal mengapa jodoh sulit datang? Mungkin salah satunya alasannya yakni kriteria jodoh kita terlalu ideal. Ideal sih boleh alasannya yakni tentu kita ingin pasangan yang ekonominya mapan, ganteng rupawan atau anggun mempesona, pangkatnya tinggi, baik keturunannya dan agamanya baik. Keinginan semacam itu sah-sah saja dan boleh-boleh saja akan tetapi kalau hal tersebut dijadikan syarat mutlak untuk pasangan hidup kita maka kita telah mempersulit diri sendiri.
Padahal Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam menyampaikan kalau kita tidak sanggup memperoleh semuanya itu, maka pilihlah yang agamanya paling baik. Hal itu berarti mungkin saja jodoh kita miskin, tidak mempunyai pangkat, bukan bibit atau keturunan yang baik, akan tetapi kita perlu menerimanya asalkan mempunyai agama atau etika yang baik. Janganlah kita menghendaki kesempurnaan dari orang lain, sedangkan diri kita tidaklah sesempurna itu. 
Keempat, Perbanyaklah Ibadah Sunnah
Kita harus yakin bahwa Allah lah sebaik-baik pemberi jodoh, oleh alasannya yakni itu lebih dekatlah dengan Allah biar jodoh kita cepat tiba dan doa kita dikabulkan. Untuk itu kita tidak hanya cukup mengandalkan ibadah wajib saja tetapi perlu ditambah dan ditingkatkan dengan ibadah-ibadah sunnah mirip shalat tahajud, shalat dhuha, shaum senin-kamis atau yang lainnya, infak/shadaqah, tilawah Al-Quran dan lain-lain. Lakukan acara tersebut secara rutin setiap hari biar kepercayaan kita semakin berpengaruh dan ketakwaan kita bertambah sehingga doa kita akan semakin besar peluangnya dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.
Kelima, Jauhi maksiat
Hal yang tidak kalah pentingnya biar jodoh cepat tiba yakni dengan kita menjauhi segala perbuatan maksiat. Karena maksiat yang kita lakukan mungkin saja menjadi penyebab tidak dikabulkannya doa kita selama ini. Jangan hingga kita kena istilah STMJ (shalat terus maksiat jalan). Segeralah bertaubat kepada Allah dari segala kemaksiatan yang pernah kita lakukan. 
Keenam, Memperluas pergaulan dengan orang-orang shaleh
Salah satu cara untuk mendapat jodoh yakni dengan memperluas pergaulan, tentu saja pergaulan dengan orang-orang shaleh dengan impian orang shaleh pula jodoh kita. Dan dengan pergaulan yang luas kita menjadi lebih banyak pilihan alasannya yakni seringkali jodoh itu tiba melalui mediator sahabat kita. Dengan pergaulan yang luas menyerupai seorang nelayan yang sedang menebar jala di lautan biar mendapat ikan yang banyak.
Ketujuh, Mintalah sumbangan orang lain
Cara lain biar cepat mendapatkan jodoh yakni meminta sumbangan orang lain yang memliki refutasi baik atau shaleh. Orang-orang tersebut sanggup saja orang tua, guru ngaji, murabbi, teman, saudara atau yang lainnya. Mintalah sumbangan mereka dan katakan apa adanya keinginan kita, tidak usah malu-malu. 
Kedelapan, sampaikan secara langsung
Dalam budaya kita, Indonesia mungkin masih tabu atau gila kalau seorang perempuan menyatakan keinginannya untuk menikah kepada pria yang baik akhlaknya. Namun bekerjsama hal tersebut baik dan Islami alasannya yakni Siti Khadijah sendiri melaksanakan hal tersebut kepada Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam melalui perantaranya.

Nah demikianlah pembahasan kita perihal tips mencari jodoh berdasarkan Islam, semoga artikel ini bermanfaat. Semoga kita semua mendapatkan jodoh terbaik yang dipertemukan Allah Subhanahu wata’ala alasannya yakni sama-sama mencintai-Nya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Tatanén Dina Bahasa Sunda

Lalampahan Kuring Ka Yogyakarta

Profil Ridwan Kamil Calon Gubernur Jawa Barat Masa 2018-2023