Resep Oseng Tempe Ala Sunda

carasunda.com- Resep Oseng Tempe Ala Sunda
 
Resep oseng tempe ala sunda yang akan aku uraikan ini bahwasanya resep yang terkenal . Saya yakin para ibu sering menciptakan atau menemukan olahan tempe ibarat ini.  Namun bagaimana dengan para ayah? Awalnya aku menciptakan olahan ini dikala sang ibu negara (my wife) sedang badmut untuk masak. Saya resah juga mau masak apa? Dan bagaimana? Soalnya aku bukan seorang suami yang berakal masak. Kalau masak air atau mie instan sih okey.
 
Istri aku bilang pasak aja yang ada di kulkas. Saat itu di kulkas hanya ada tempe dan beberapa macam sayuran. Saya dibantu  anak wanita aku yang paling gede (kelas 3 SD) mulai memikirkan masakan apa yang paling cocok dengan bahan-bahan yang ada. Tercetuslah ilham wacana resep oseng tempe ala sunda.
 
Selain alasannya ialah bahan-bahan yang sudah tersedia, menciptakan resep oseng tempe ala sunda juga aku rasa yang paling mudah. Saya rasa siapapun dapat memasak oseng tempe ala sunda ini. Okey deh kita pribadi pada intinya.  

Bahan-bahan Resep Oseng Tempe Ala Sunda
  • Kurang lebih 200 gram tempe
  • 4 butir putih telur rebus atau sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 lembar daun salam
  • 4 buah cabe hijau
  • 3 buah cabe merah
  • 1 buah tomat hijau ukuran sedang/ jika tidak suka yang hijau dapat gunakan yang merah
  • 3 lembar daun jeruk yang sudah dibuang tulangnya
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula merah
  • Secukupnya gula pasir
  • 5 sendok makan kecap manis/sesuai selera
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Resep Oseng Tempe Ala Sunda
  • Tempe dipotong-potong bentuk dadu, kemudian goreng setengah matang
  • Putih telur rebus, diiris bentuk dadu, kemudian goreng setengah matang
  • Bawang putih geprek pelan kemudian diiris
  • Iris bawang merahnya juga
  • Cabai merah dan cabe hijaunya juga dipotong-potong serong
  • Tomatnya juga diiris bentuk dadu
  • Tumis semua bumbu tersebut (bawang putih, bawang merah, cabe merah dan hijau, serta tomat) hingga layu, kemudian masukan daun salam dan daun jeruk
  • Masukan juga tempe dan putih telur, aduk hingga rata
  • Masukan air, garam, kecap, gula merah, dan gula pasir, kemudian aduk kembali hingga rata
  • Tunggu hingga air menyusut dan bumbu-bumbunya meresap
  • Kemudian angkat dari wajan dan hidangkan bersama nasi putih dan lauk-pauk lainnya.

Demikian resep oseng tempe ala sunda, gampang bukan? So, tak ada alasan untuk para ayah tidak dapat masak, iya ngga? Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Tatanén Dina Bahasa Sunda

Lalampahan Kuring Ka Yogyakarta

Profil Ridwan Kamil Calon Gubernur Jawa Barat Masa 2018-2023