Profil Umar Khayyam, Matematikawan Muslim Terkenal



carasunda.com-Profil Umar Khayyam, Matematikawan Muslim Terkenal
Apakah Anda pecinta Matematika? Nah kalau Anda pecinta atau punya hobi matematika maka tentu Anda tahu matematikawan muslim paling terkenal?  Atau Anda belum tahu siapa tokoh matematikawan muslim paling terkenal? Jika Anda belum tahu, damai saja kini saya akan ulas secara tuntas  profil tokoh matematikawan muslim terpopuler yaitu Umar Khayyam.
Umar Khayyam ialah salah seorang tokoh matematika yang sangat terkenal. Ia dikenal bukan hanya oleh bangsa Arab tapi juga dikenal hingga bangsa Eropa dikala itu. Bahkan hingga kini seluruh bangsa insan masih mengenang dan terus mempelajari ilmu hasil penemuannya.
Umar Khayyam lahir di kota Naisabur, ibu  kota Khurasan, timur bahari Iran pada tanggal 18 Mei tahun 1048. Beliau wafat pada tanggal 31 Desember 1131. Umar Khayyam merupakan salah satu ilmuan terkenal pada masanya yang hidup pada era ke-11. Ia mempunyai nama lengkap Ghiyatsuddin Abu Fath Umar bin Ibrahim Al-Khayyami. Dalam bahasa Persia Khayyam artinya pembuat tenda. Kota Naisabur merupakan kota yang sangat istimewa buat Umar Khayyam alasannya ialah selain sebagai kota kawasan ia dilahirkan juga merupakan sentra pendidikan bangsa Persia pada dikala itu, tak terkecuali Umar Khayyam. Ia menempuh pendidikan yang cukup usang di kota tersebut. Dan sehabis selesai menuntaskan pendidikannya di kota Naisabur, Umar Khayyam kemudian melanjutkan pendidikan di Samarkand.
Kontribusi Umar Khayyam bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Kontribusi Umar Khayyam bagi perkembangan ilmu pengetahuan sungguh sangat luar biasa. Pada tahun 1073 Umar Khayyam berhasil membangun sebuah observatorium di Isfahan. Pembangunan tersebut direstui dan atas perintah sultan pada dikala itu, Malik Syah.  Dan pada tahun 1079 ia berhasil menyempurnakan perhitungan kalender Persia yang sebelumnya telah diciptakan oleh Jalaluddin Abu Al-Fath. Kemudian kalender tersebut diberlakukan oleh Sultan Jalaluddin Maliksyah Saljuki yang memerintah sekitar tahun 1072-1092.
Umar khayyam dikenal sebagi mahir matematika ketika ia berusia sekitar 30 tahunan. Beliau lah yang pertamakali mengenalkan persamaan parsial dan geometri serta ia menciptakan pembagian persamaan linear.
Umar Khayyam dikenal sebagai mahir sastra
Namun perlu Anda tahu bahwa Umar Khayyam perama kali terkenal atau dikenal banyak orang hingga dikala ini bukan alasannya ialah mahir matematikanya tetapi ketika ia menulis syair atau ruba’iyat. Ruba’iyat ialah syair empat baris khas Persia yang ditulis dengan rima a-a-a-a atau a-b-a-b. Umar Khayyam mulai menulis ruba’iyat pada awal era ke 11. Hasil karyanya kini banyak diterjemahkan kedalam aneka bahasa. Diantaranya dalam bahasa inggris oleh Edward Fitzgerald pada tahun 1859 dengan judul The Ruba’iyat of Omar Khayyam.
Nah jadi kita dapat menarik kesimpulan bahwa Umar Khayyam, disamping seorang yang mahir dalam bidang matematika dia juga sebagai seorang sastrawan yang bakir menciptakan syair atau puisi. Umar Khayyam juga dikenal sebagai seorang yang mahir dalam bidang astronomi, mahir sufi dan juga dikenal sebagi filusuf. 
Demikian profil Umar Khayyam, matematikawan muslim terkenal biar menambah pengetahuan dan wawasan Anda.
Sumber : disarikan dari aneka macam sumber


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Tatanén Dina Bahasa Sunda

Lalampahan Kuring Ka Yogyakarta

Profil Ridwan Kamil Calon Gubernur Jawa Barat Masa 2018-2023