Mengenal Fungsi Dari Kegunaan Kabel Utp



carasunda.com-Mengenal Fungsi dari Kegunaan Kabel UTP
Kegunaan kabel UTP atau Unshilded Twisted-Pair secara umum yaitu untuk jaringan data komputerisasi atau jaringa berbasis lokal area network (LAN). Sejatinya kabel UTP mempunyai ragam tipe namun yang sering digunakan yaitu kabel UTP 4 pair.
Dunia teknologi yang semakin berkembang turut mempengaruhi perubahan kabel UTP terutama kategori kabel yakni kabel UTP category1 (cat1) hingga kabel UTP category7 (cat7). Perbedaan dari masing-masing kategori ada pada tingkat kerapatan, semakin tinggi kategori akan semakin cepat transfer datanya. Dari sisi harga, kabel ini mempunyai harga yang cukup terjangkau serta kualitas bagus. 
Untuk melindungi dari kerusakan ketegangan fisik, didalamnya sudah ada insulasi satu lapis. Namun insulasi tersebut tidak bisa melindungi kabel dari  munculnya interferensi elektromagnetik. Hal tersebut berbeda dengan kabel STP  atau Shielded Twisted-Pair. 

Fungsi Kabel UTP
Secara umum fungsi kabel UTP digunakan untuk Local Area Network (LAN) dalam suatu sistem jaringan komputer. Pada umumnya, kabel UTP mempunyai impedansi sekitar 100 ohm, terbagi menjadi dalam beberapa kategori, menyerupai disebutkan di atas, di mana kategori tersebut didasarkan pada kemampuannya dalam mengantarkan suatu data.
Pada suatu organisasi perkantoran atau perusahaan yang mempunyai banyak komputer dan bekerja dalam satu waktu, maka kabel UTP tersebut menjadi sangat diperlukan yang berkhasiat untuk membangun satu jaringan antar komputer. Dengan memakai kabel UTP ini, penggunaan komputer akan lebih epektif dan efisien lantaran adanya hubungan yang terjalin antara komputer satu dengan lainnya.
Dengan memanfaatkan jaringan LAN, suatu organisasi perusahaan atau kantor bisa mentransfer data menjadi lebih cepat dan gampang dari banyak sekali komputer yang saling tersambung. Mayoritas instansi kantor atau perusahaan telah memakai kabel UTP ini dalam menciptakan sebuah jaringan antar komputer yang berada di area kerjanya.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP
Setelah membahas kegunaan kabel UTP, kini kita akan bahas kelebihan dan kekurangan kabel UTP 
Kelebihan Kabel UTP
  • Kabel UTP mempunyai kulitas cantik dan harga terjangkau.
  • Memiliki diameter yang lebih kecil kalau dibandingkan kabel STP, sehingga kabel UTP lebih gampang dalam proses instalasi jaringan.
  • Kabel UTP lebih fleksibel dari kabel STP, alasannya kabel UTP tidak mempunyai pelindung alumunium foil yang menyelubunginya.
  • Jaringan dengan kabel UTP lebih gampang dalam proses pemeliharaannya, sehingga sangat cocok digunakan dalam ruangan.

Kekurangan Kabel UTP
  • Kabel UTP tidak besar lengan berkuasa menahan interference atau gangguan yang sumbernya dari luar, misalkan arus listrik, atau cuaca dan lain-lain
  • Karena karakternya elastis dan gampang terkelupas, maka kabel ini tidak cocok untuk area yang luas dan medan yang berat. Kenapa? lantaran kabel UTP akan sulit untuk bertahan dalam kondisi menyerupai itu.
  • Tidak sanggup digunakan dalam instalasi jarak jauh, maksimum sekitar 100 m. Karena dari beberapa pengalaman, kalau kabel STP sanggup ditarik hingga 150 m dari node hingga ke client dengan tidak mengalami loss sedikitpun, sedangkan kabel UTP ini tidak bisa melaksanakan hal demikian menyerupai kabel STP. 
  • Anda harus teliti dan jeli menentukan kualitas kabel UTP. Karena di pasaran sangat banyak beredar brand kabel UTP serupa dengan kualitas dan harga yang bervariatif. Maka, daripada nantinya Anda menyesal dikarenakan telah menentukan kabel dengan brand yang kurang baik, sebaiknya pilihlah kabel kabel UTP bermerk atau branded serta bergaransi.

Itulah sekilas pembahasan perihal kegunaan kabel UTP, Fungsi Kabel UTP serta kelebihan dan kekurangan kabel UTP





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Tatanén Dina Bahasa Sunda

Lalampahan Kuring Ka Yogyakarta

Profil Ridwan Kamil Calon Gubernur Jawa Barat Masa 2018-2023